Daftar Situs Domino 99 Terpercaya
8situsdomino.websiteKumpulan Situs Domino 99 Terpercaya dan Terbaik 2016

9 BENCANA ALAM TERBURUK SEPANJANG SEJARAH MANUSIA

MurniQQ

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan bencana alam terjadi, namun hampir semua manusia yang tinggal di bumi pasti pernah merasakan bencana alam dari yang besar maupun yang kecil.

Bencana alam bisa terjadi karena kerusakan lingkungan hidup. Namun ironisnya, manusia sendiri lah yang menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan. Bencana alam yang terjadi biasanya memiliki efek yang besar, salah satu contohnya yaitu bisa menghancurkan infrastruktur suatu kota dan yang mengerikan adalah memakan korban jiwa.

Tapi tahukah anda?  jika sepanjang sejarah bumi ini ada telah banyak sekali kejadian bencana alam yang sangat dahsyat dan beberapa bencana alam ini disebut-sebut sebagai bencana alam paling buruk yang pernah mennimpa manusia karena banyak sekali menelam korban jiwa.

Berikut ini adalah 9 kejadian bencana alam terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah :

 

  1. Gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia tahun 2004

106730_tsunami-hantam-jepang_663_382

Pada tahun 2004 Samudra Hindia diguncang gempa bumi hebat sekaligus tsunami. Gempa ini terjadi dengan guncangan yang sangat keras 9,1-9,3 skala ritcher, yang dikabarkan langsung menelan korban jiwa sebanyak 280.000 orang

 

Tsunami adalah bencana alam paling dahsyat di dunia yang pernah dikenal peradaban manusia. Secara teknis, Tsunami adalah gempa yang terjadi di bawah laut dan dampak yang ditimbulkan relatif tidak berbahaya. Tapi, saat gempa tersebut menyerang dengan guncangan di atas 9.0 skala ritcher bawah laut, maka masalah ini menjadi perhatian serius. .

Gelombang tsunami ini disebut telah menghancurkan tanah di 14 negara, dan yang paling parah adalah Indonesia, India dan Sri Lanka.

 

  1. Topan Calcutta tahun 1737

Calcutta-Cyclone-1737

Topan Calcutta dianggap sebagai gempa sangat besar yang pernah terjadi di Eropa. Calcutta, yang saat ini dikenal sebagai Kolkata, dikejutkan oleh topan mematikan ini pada tanggal 7 Oktober 1737, yang dikabarkan memakan korban jiwa hampir 300.000 orang.

READ  Kumpulan Cewek Seksi Pecinta Sepak Bola

Topan dahsyat ini juga menghancurkan sekitar 20.000 kapal dari pelabuhan termasuk desa-desa di dekatnya, dan dianggap sebagai bencana yang paling mengerikan dalam sejarah umat manusia. Topan ini bisa menerbangkan rumah, memotong sambungan jalur kereta api, menyebabkan tanah longsor di daerah pegunungan, dan juga menyebabkan banjir besar di seluruh negara bagian.

 

  1. Letusan Gunung Krakatau 1883

Krakatoa explosion

Gunung Krakatau pernah mengalami letusan dahsyat pada tahun 1883. Bencana yang diikuti dengan tsunami ini menyebabkan 21 ribu nyawa warga lokal lenyap, terutama karena tsunami yang timbul dari letusan gunung berapi tersebut. Konon, suara letusan terdengar hingga Perth, Australia. Well, kalau suara letusannya saja sekeras itu, gimana dong dengan penduduk Batavia saat itu? Apa mereka nggak tuli, soalnya lokasi mereka kan dekat sekali? Ternyata abu vulkanik yang menyelimuti kota-kota di sekitar Krakatau berperan sebagai peredam suara.

Pada saat berita tentang meletusnya gunung ini sampai ke telinga seorang wartawan The Times di Inggris, ia salah menuliskan nama Krakatau menjadi Krakatoa, sehingga bangsa Barat lebih mengenalnya dengan nama tersebut. Menurut legenda rakyat Sunda, letusan Krakatau terdahulu pada tahun 535 SM menyebabkan terputusnya Pulau Sumatra dan Jawa, walaupun banyak ahli vulkanologi meragukannya. Pada tahun 1927, gunung vulkanik baru muncul dari lokasi meletusnya Krakatau dan disebut Gunung Anak Krakatau. Gunung tersebut hingga kini masih terus naik ke permukaan laut dan bertambah tinggi 5 m per tahun.

 

  1. Bencana Kelaparan Besar Cina 1958-1961

kelaparan china

Bencana kelaparan ini terjadi selama 3 tahun dan menyebabkan jutaan rakyat Cina tewas. Laporan resmi pemerintah Cina menyatakan bahwa bencana ini merenggut nyawa 15 juta jiwa, namun media Barat memperkirakan korban berjumlah hingga 48 juta jiwa. Diperkirakan bahwa bencana ini 30% disebabkan oleh alam dan 70% sisanya disebabkan kesalahan pemerintah.

1. Pemerintah menganjurkan sistem pertanian monokultur, yang justru menyebabkan tumbuhan tumbuh menjadi lebih pendek.

READ  PESONA SHIN SE KYUNG YANG MAMPU MENGGETARKAN HATI KAUM ADAM

2. Pemerintah menyarankan petani mencangkul hingga kedalaman 1-2 m karena tanah yang subur dianggap berada pada lapisan tanah paling bawah, padahal seharusnya tanah tersubur ada di bagian paling atas.

3. Distribusi bahan makanan yang tidak adil. Ada laporan yang menyebutkan, sementara banyak warganya yang mati kelaparan, pemimpin desa justru mendapatkan makanan dan minuman yang berlebih.

4. Pemerintah menarik jutaan petani Cina untuk bekerja di pabrik baja dan besi, menyebabkan lahan-lahan pertanian terbengkalai.

5. Bencana kekeringan pada 1960 karena perubahan pola cuaca.

6. Meluapnya Sungai Kuning pada tahun 1959.

Yang paling mengerikan dari bencana ini bukan hanya tingginya jumlah korban jiwa, namun juga penderitaan tak terbayangkan yang mereka alami serta munculnya kanibalisme.

 

  1. Siklon (angin ribut) Bhola 1970.

bhola cyclone

Bencana ini tercatat sebagai badai siklon tropis terbesar dalam sejarah dan menyerang bagian timur Pakistan (sekarang Bangladesh). Pemimpin junta militer Pakistan Yahya Khan saat itu dianggap bertanggung jawab karena lambatnya penanganan bencana serta kesombongan sang jenderal ketika menolak bantuan dari India. Hal ini menyebabkan setengah juta penduduk menjadi korban dan memicu lepasnya Bangladesh dari wilayah Pakistan.

 

  1. Gempa Haiyuan tahun 1920.

04 Oct 1923, Tokyo, Japan --- Original caption: 10/4/1923-Tokyo, Japan- Cleaning up the wreckage: Tokyo began to clean her streets of debris Monday morning, despite the quakes that continued. --- Image by © Bettmann/CORBIS

Haiyuan, yang terletak di Republik Cina, mengalami bencana gempa bumi pada tahun 1920 yang menghancurkan kota dengan guncangan sekitar 7,8 skala ritcher dengan angka kematian 273.400 orang. Namun, laporan lainnya menyebut besar gempa ini justru mencapai 8,5 skala ritcher.

Kota-kota besar seperti Xining, Taiyuan, Lanzhou, dan Xi’an hampir bisa dikatakan langsung habis dan dampaknya memicu tanah longsor di Kabupaten Guyuan yang langsung menewaskan lebih dari 30.000 orang.

 

  1. Banjir Besar China tahun 1931.

banjir besar china

Pada tahun 1931, China mengalami banjir mematikan dan menghancurkan yang diketahui merupakan peristiwa terburuk di abad ke-20. Total korban jiwa akibat Banjir China ini diperkirakan sekitar 3,7 juta dan 4 juta orang dan disebut salah satu bencana terburuk dalam sejarah umat manusia.

READ  Hati - Hati Lakukan Posisi Ini Saat Bercinta, Penis Bisa Patah

Kasus kelaparan, kematian, tunawisma, dan penyakit mematikan sangat umum terjadi, di mana dampak utamanya adalah dari bulan Juli sampai Agustus 1931. Kondisi cuaca yang tidak normal adalah penyebab utama di balik banjir, yang berlangsung terus-menerus selama dua bulan yang panjang yang menyebabkan air ‘marah’.

 

  1. Pompeii tahun 79 masehi

pompeii

Pada tanggal 24 Agustus tahun 79, tidak ada seorangpun yang tahu bahwa Gunung Vesuvius akan memulau suatu tirani letusan gunung berapi yang tidak akan berhenti selama 24 jam. Letusan ini tidak menyisakan seorangpun dari mereka yang tinggal di Pompeii, dan juga tidak menyisakan mereka yang tinggal di kota-kota kecil terdekat seperti Herculaneum dan Opiontis. Aliran lava dan awan Pyroklastik yang sangat panas berlari menuruni gunung dengan kecepatan 100 mph, mengubur semua orang di jalan-jalan dan rumah mereka.

 

  1. Gempa Aleppo tahun 1138-1139 masehi

aleppo earthquake

Aleppo berlokasi di sepanjang bagian utara system patahn geologis Dead Sea Transform yang merupakan batas dari lempeng Arab dan lempeng Afrika. Gempa bumi yang terjadi merupakan yang pertama dari dua gempa beruntun di wilayah tersebut, yaitu pada bulan Oktober 1138 hingga Juni 1139 dan gempa beruntun lainnya yang lebih kuat terjadi pada bulan September 1156 hingga Mei 1159.

Yang terkena dampak paling parahnya adalah wilayah Harim, dimana para Crusaders disitu membangun sebuah benteng yang besar. Berbagai sumber menyebutkan bahwa istana disan hancur beserta rumah-rumah ibadatnya. Kubu pertahanan Atharib, yang kemudian diduduki kaum Muslim turut hancur. Benteng pun juga rubuh dan menewaskan 600 penjaga istana, meski gubernur dan beberapa pelayannya selamat dan mengungsi ke Mosul.

 

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: creatif dikit gan, kerjaannya jangan copy aja :D
Read previous post:
7-hal-yang-ada-dalam-pikiran-pria-saat-berciuman
BEBERAPA HAL TENTANG BERCIUMAN !

MurniQQ - Berciuman merupakan hal yang sangat indah jika itu mengisi sebuah hubungan yang romantis dan bisa menjadi suatu momen yang...

Close